Guardiola percaya kemenangan leg pertama akan angkat moral

Guardiola pecaya kemenangan leg pertama akan angkat moral pemain di liga primer Inggris

Berhasil menyikat FC Basel dengan skor 4-0 di laga Liga Champions diharapkan akan membantu Manchester City berlaga di beberapa pertandingan domestik dalam beberapa minggu mendatang, demikian menurut manajer Pep Guardiola pada wawancara setelah laga melawan FC Basel.

Tembakan keras Ilkay Gundogan dari kedua sisi lapangan pada babak pertama dan masiing-masing satu gol dari Bernardo Silva dan Sergio Aguero mempbuat pimpinan klasemen Liga Primer Inggris yan dianggap bermain buruk di pada awal laga membuahkan kemenangan manis pada laga pembuka di babak 16 besar Liga Champions Eropa musim ini.

Laga leg kedua yang akan di langsungkan di kandang Manchester City bulan depan hanya akan menjadi laga formalitas saja. Karena bisa dipastikan jiga klub Manchester biru ini bisa olos ke babak selanjutnya.

Kunjungan Basel ke Stadion Etihad pada tanggal 7 Maret mendatang akan berlangsung 10 hari setelah laga City dengan Arsenal di final Piala EFL di Wembley, dengan pertandingan Liga Primer melawan The Gunners dan Chelsea di antara dua pertandingan tersebut.

Jika Guardiola bisa mengalahkan tim Liga Satu Wigan Athletic pada laga hari Senin, mereka akan maju ke babak perempat final Piala FA dan berlaga pada akhir pekan 17 dan 18 Maret.

Berbicara setelah pertandingan di Swiss dan menilai jadwal yang padat bagi Manchester City , Guardiola berkata “Ini sangat penting, tentu saja kami akan fokus melawan Basel

“Laga melawan Arsenal dan Chelsea, akan sangat penting untuk kita berikan perhatian lebih banyak dan pada saat itu kita bisa dengan tenang membidik juara musim ini.

“Kami tidak memikirkan hal ini, dari pengalaman saya di Liga Champions, saat Anda bermain di babak 16 besar, Anda selalu harus mempunyai cadangkan sampai pertandingan kedua.

“Tapi kami secara klinis, kami bermain bagus, saya pikir kami bermain di level yang sama seperti pada periode terakhir.

“Jika kita bisa lolos ke perempat final, kita akan melakukan yang lebih baik dari musim lalu dan itu adalah langkah pertama, kemudian kita akan melihat, jika kita pergi ke perempat final, bagaimana kita sampai pada saat itu.”

Guardiola menyuarakan keprihatinannya atas jadwal fixture padat di Inggris awal musim ini, Guardiola juga berpendapat permainan Basel turun di bawah level ketika meeka berhasil mengalahkan Manchester United ketika babak penyisihan grup, karena Basel sedang berada pada musim libur yang menyebabkan mereka kurang panas.

“Saya memiliki pengalaman melatih di Jerman dan saya harus mengatakan bahwa di musim dingin – mungkin Raphael Wicky, pelatih Basel, tahu lebih baik – Anda kehilangan ritme, Anda memiliki irama yang kurang,” katanya.

“Tapi Basel menunjukkan mereka bisa bermain di level ini saat mereka mengalahkan Benfica, CSKA Moscow dan Manchester United. Mereka tampil dengan ritme yang berbeda dengan jelas.

“Istirahat seperti itu, seperti dua bulan, sulit untuk diatasi, saya mengalami pengalaman ini di Munich dan itu sedikit keuntungan bagi kami, pendapat saya tidak berubah dalam hal Basel.”

Leroy Sane kembali bermain keluar dari bangku cadangan selama setengah jam terakhir, sebulan lebih cepat dari jadwal menyusul cedera ligamen pergelangan kaki yang dideritanya, dan Guardiola mengungkapkan bahwa pemain internasional Jerman itu dimainkan karena Raheem Sterling menderita kekakuan otot.

Gelandang veteran Yaya Toure tidak melakukan perjalanan ke Swiss setelah terjangkit penyakit namun bisa bermain menghadapi Wigan.

Comments are closed.